Keliping Berita

Rayakan Bulan Mutu Nasional, BSN Luncurkan Indonesia Quality Expo 2018 Jawa Timur


TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Merayakan Bulan Mutu Nasional (BSN), Badan Standardisasi Nasional (BSN) meluncurkan Indonesia Quality Expo (IQE) 2018 pada Oktober mendatang di Grand City Convex, Surabaya.


Kepala BSN, Bambang Prasetya mengatakan, IQE tersebut adalah yang keenam kalinya setelah digelar di Makassar pada tahun lalu.


"Jawa Timur dapat dikatakan sebagai role model terkait standardisasi. Oleh karenanya, Jawa Timur ini dinilai tepat untuk menjadi tuan rumah kali ini," katanya pada acara konferensi pers di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Jumat (20/4/2018).


Bambang menyebut, dalam rangkaian kegiatan itu akan dipamerkan produk-produk unggulan yang sudah mangantongi sertifikasi SNI.


"Hingga saat ini, sudah lebih dari 1.233 merek produk dari industri di Jawa Timur yang memiliki sertifikat SNI. Adapun produknya mulai dari elektrik dan elektronika, makanan dan minuman, konstruksi dan bangunan, kendaraan atau otomotif," katanya.


Selain itu, Bambang menyebut, Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang meliputi Laboratorium Pengujian, Lembaga Sertifikasi, dan Lembaga Inspeksi juga turut berpartisipasi.


"Sebanyak 54 LPK juga akan berpartisipasi dalam IQE 2018 mendatang. Di mana untuk wilayah Jawa Timur ada sekitar kurang lebih 10 LPK," katanya.


Bambang menambahkan, melalui pameran tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai wadah bertukar informasi terkait perkembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian serta bertransaksi bagi pemangku kepentingan maupun pengunjung.


Penulis: Arie Noer Rachmawati


Editor: Agustina Widyastuti


SHARE