Sukses Story

Akreditasi Menjamin Keunggulan dalam Pelaksanakan Asesmen

Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang begitu yang sangat pesat, manusia dituntut untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan mampu bersaing. Sesuai dengan pidato  presiden beberapa waktu lalu, bahwa negara akan fokus pada pembangunan SDM. Quantum HRM Internasional, sebagai Lembaga sertifikasi personel telah siap secara prinsip dalam memilih SDM/ personel yang sesuai dengan jabatan dan bidangnya, berupa metode asesmen, tools asesmen, dan asesor yang terstandardisasi. Khususnya secara infrastruktur, Quantum telah menyiapkan tempat uji kompetensi dan tes online. Sebagai lembaga sertifikasi personel terakreditasi SNI ISO/IEC 17024:2012, mereka telah menyiapkan diri sebaik-baiknya demi mendukung program pemerintah, yang berguna untuk pembangunan kompetensi anak bangsa. 

 

seseorang, apakah personal sesuai dengan standar yang sudah disepakati dalam jabatan tertentu. Job person match.

 

Sertifikasi Profesi yang merupakan wujud  fisik dari standardisasi person, diharapkan bisa jadi tolak ukur kualitas SDM dan meningkatkan pendapatan masyarakat, asal sertifikasi tersebut berbasis standardisasi yang diakui secara nasional internasional. Saat ini masih banyak uji kompetensi yang belum berbasis standar, baik dari segi pelatihan, materi uji, tempat uji kompetensi, juga asesor penguji. 

 

“Masih banyak masyarakat kita yang belum mengenal tentang pentingnya standardisasi personal dalam jabatan struktural maupun fungsional, “jelas Pribadijono. “Di era sekarang ini penting untuk mendapatkan The Right Man on the Right Place and the Right Character,” tegasnya. 

 

Mengenai LSP atau Lembaga Sertifikasi Personel yang bernaung dibawah KAN, menurut Pribadijono, pertumbuhannya di Indonesia perlu dipercepat. Urgensinya, LSP KAN perlu terus dikembangkan di Indonesia, agar anak bangsa kita bisa berkiprah di dunia internasional atas kompetensi yang dimiliknya. Sejauh ini, para tenaga kerja kita selalu dianggap inferior, sehingga belum bisa masuk ke dunia kerja internasional karena belum mendapat pengakuan dan kesesuaian Internasional.

 

Melalui Sertifikasi LSP KAN, diharapkan sebagai bridging para tenaga kerja kita yang kompeten untuk bisa bekerja ke dunia internasional (luar negeri) dan mendapat kesesuaian atau kesetaraan atas kompetensi yang dimilikinya.

 

Pentingnuya Akreditasi LSP oleh Badan Akreditasi adalah menjamin adanya proses mutu asesmen dan sertifikasi yang terkendali," papar Pribadijono. LSP yang telah terakreditasi akan menjamin proses sertifikasi berjalan sesuai skema uji yang telah distandardisasikan, menjamin adanya ketidakberpihakan dalam proses sertifikasi person yang terus menerus secara time series dan dapat mempertanggungjawabkan dengan proses yang mampu ditelusur (traceable). Semua berbasis proses dan format yang terkendali, termasuk tim asesor dan tim pendukung yang tersertifikasi dalam proses SNI ISO/IEC 17024:2012.

 

Secara bisnis mengembangkan LSP di Indonesia saat ini cukup menguntungkan, karena peran masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya sertifikasi yang diakui dunia, karena LSP-KAN merupakan jembatan pengakuan kompetensi bangsa kita di dunia internasional.

 

Di tempat kami, LSP Quantum telah mendapatkan 3 Skema payung yaitu:

 

1. Sertifikasi Pemangku Jabatan dalam Organisasi (SP JO), adalah Asesmen dan Sertifikasi bagi seseorang yang duduk dalam jabatan di Lembaga atau Organisasi mulai dari Staff sampai dengan Direktur Utama, atau dari Fungsional, eselon 4 sampai dengan eselon 1 utama dibawah Presiden.

 

2. Sertifikasi Kompetensi Analis Organisasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SAOS), Asesmen dan Sertifikasi yang non jabatan atau sertifikasi Keahlian/Kompetensi dari berbagai bidang rumpun keilmuan. Banyak sekali sub skema yang harus di desain untuk memenuhi skema ini. Disini skema-skema banyak didukung oleh unit kompetensi dari berbagai bidang seperti SKKNI dsb.

 

3. Sertifikasi Reviewer Penelitian Nasional (SRPN), adalah skema tentang Asesmen dan Sertifikasi para Peneliti, Dosen Peneliti dan Peneliti umum yang bernaung dibawah Kemenristek, semua PTN dan PTS besar telah kami sertifikasi sebanyak 3800 orang dosen dan peneliti dalam 38 batch. Beberapa di antaranya telah berkiprah dengan melakukan review di dunia internasional berkat sertifikasi ini.

 

Latar belakang dari berdirinya Quantum adalah menyesuaikan antara kebutuhan industri, dengan kemampuan orang-orang yang dibutuhkan untuk industri. Berawal dari Biro Psikologi pada tahun 1998, dari pengalaman di lapangan ternyata seringkali hasil psikotes dianggap belum sesuai dengan kebutuhan lapangan industri dan organisasi, dianggap tidak cocok. Padahal alat psikotes itu universal, konservatif dan konvensional, seharusnya sesuai dan cocok penggunaannya di industri dan organisasi. Selanjutnya masalah tersebut kami teliti bersaing dari Kemenristek. Dari hasil penelitian, terdapat kesalahan di dalam penerapan hasil psikotes di dunia Industri  dan Organisasi. Seharusnya diterapkan Standar Jabatan dalam Industri dan Organisasi, tidak boleh dengan serta merta hasil Psikotes begitu saja dipakai sebagai keputusan untuk seseorang bisa diterima dalam Rekrutmen dan Seleksi. Harus disepakati dulu tipikal jabatan atau pekerjaan yang dituju dam dibuat dulu standar potensi dan kompetensinya. 

 

Pentingnya standardisasi yang Quantum cetuskan, membuat KAN memberikan akreditasi, sehingga mampu menjamin keunggulan Quantum dalam menjalankan asesmen. Para pelanggan sangat mempercayai proses kami yang kredibel dan imparsialitas (ketidakberpihakan) dalam proses asesmen. Arahan dan bimbingan tim KAN semakin memperbaiki prosedur assessment yang dapat dipertanggunggjawabkan dan semakin dipercaya masyarakat.

 

Output kualitas hasil personal asesmen semakin menjawab kebutuhan konsumen yang membutuhkan pegawai yang kompeten dan berkarakter baik. Pribadijono menegaskan, "Selama ini pelanggan kami tumbuh semakin besar dan bertahun-tahun telah berlanggan dengan kami seperti BKKBN, Kemenkes untuk Rekrutmen Nusantara Sehat setiap tahun 9000an peserta untuk perawat, dokter dan petugas medis, sudah berlangsung 4 periode, juga banyak pelanggan yang lain."

 

Perkembangan bisnis Quantum terus tumbuh dengan baik, personil yang tersertifikasi semakin percaya diri dan profesional karena adanya sertifikat dari lembaga kami yang terakreditasi berstandar internasional. (IBN/KPH) 

SHARE