Berita

BSN dan Innobiz Jajaki Kerja Sama Bidang Inovasi UKM

Jakarta – Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI), secara konsisten mendukung perkembangan dan peningkatan kualitas UKM melalui penerapan standar dan kerja sama dengan lembaga standar global agar mampu bersaing di pasar internasional. Dalam rangka menjajaki kerja sama di bidang sertifikasi UKM, BSN dan Innobiz melakukan pertemuan pada Senin (20/1) di Jakarta.

Innobiz adalah Asosiasi Sertifikasi UKM asal Korea Selatan yang mengembangkan Skema, Riset, serta Kebijakan berkaitan dengan sertifikasi UKM di Korea Selatan. Adapun, skema yang dipersiapkan sesuai dengan OSLO Manual yang disesuaikan dengan iklim UKM di Korea Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BSN, Bambang Prasetya menyampaikan, “Penjajakan kerja sama BSN-Innobiz dapat dilaksanakan dengan mengukur tingkat penerapan inovasi UKM yang menggunakan OSLO Manual, berikutnya BSN-Innobiz bisa membuat sebuah program untuk mengembangkan standar sesuai dengan iklim UKM di Indonesia. Serta, hal ini memerlukan riset bersama lebih lanjut.”

Tindak lanjut pertemuan pertama ini secara intensif akan dilaksanakan BSN-Innobiz terutama untuk riset dan pengembagan yang diwakili oleh Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BSN, Yopi dan perwakilan dari Innobiz Association.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal BSN, Wahyu Purbowasito; Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno; Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi BSN, Slamet Aji Pamungkas; perwakilan dari Innobiz Association, Lee Hwan Hee; Ji Young Hyun; Kim Hyun Cheol; Lee Kwang Chol; Lee Jong Soon; Hur Young Soon; Baek, Kyu-Min; serta Praktisi KUMKM, Meliadi Sembiring.

Sumber: Qualitizen.com

SHARE