Sukses Story

Dukung Penggunaan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU)

Sebagai perusahaan penyedia listrik terbesar di Nusantara, Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang mudah, murah dan tentunya berkualitas untuk seluruh penduduk Indonesia.

Mudah dalam artian mudah diperoleh, dengan layanan Call Center PLN 123, teknologi PLN Mobile yang dapat didownload di Google Apps Store/ IOS, atau melalui website PLN, saat ini, pelanggan dapat mengakses pelayanan-pelayanan PLN seperti pasang baru, tambah daya, maupun cek tagihan. Bayar listrik pun bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yang tentunya untuk memudahkan konsumen. Murah dalam artian efisiensi yang terus diusahakan untuk menciptakan biaya produksi yang murah. Kemudian berkualitas dalam artian listrik yang disuplai ke pelanggan secara terus menerus dan tanpa henti, tanpa padam, tanpa kedip, dan tetap handal. Dan PLN menyatakan diri bangga mendukung penuh penerapan standardisasi produk dan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) pada industri ketenagalistrikan.

Dengan slogan Listrik untuk kehidupan yang lebih baik, PLN juga berkomitmen bersama pemerintah dalam mengkampanyekan penggunaan Motor/Mobil Listrik dan Kompor Listrik untuk meminimalisir emisi gas karbon dan tentunya mensukseskan program Green Energy di Indonesia.

Demi kelestarian bumi ini, PLN menyelaraskan diri dengan program Pemerintah untuk terus mendorong pemakaian energi baru terbarukan dan berharap ikut mampu berumbangsih pada kelestarian alam. PLN secara aktif terus mengkampanyekan upaya strategis dalam mewujudkan Green Ecosystem. Antara lain penggunaan kompor listrik dan motor listrik untuk menekan emisi karbon. Didukung dengan pembangunan SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang diinstall di beberapa tempat sebagai infrastruktur sarana untuk charging Motor dan Mobil listrik/ alat alat listrik lain di tempat umum dengan akses mudah.

Dalam melayani kebutuhan listrik seluruh warga PLN memiliki Unit di bidang Pembangkitan, Transmisi, Distribusi, dan Unit Penunjang Ketenagalistrikan lain. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta merupakan salah satu Unit PLN yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pendistribusian dan penjualan tenaga listrik, serta usaha lain diwilayah kerja Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta terdiri atas 13 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), 1 Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D), dan 1 Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K).

Unit PLN didaerah juga turut mengkampanyekan penggunaan Motor/Mobil Listrik. Salah satunya pada tanggal 6 Oktober 2019 di Semarang, Jawa Tengah, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta berpartisipasi dalam acara EBike Ride 2019, Konvoi Kendaraan Listrik dan Sepeda ber-SNI yang digelar oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Donny Adriansyah selaku Manager UP3 Semarang mendemonstrasikan cara pengecasan baterai sepeda ataupun motor listrik kepada masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Donny menyampaikan bahwa PLN telah siap menyediakan infrastrukturnya. Rencananya keberadaan SPLU akan ditempatkan di taman-taman kota. “Kebutuhan charging untuk kendaraan listrik akan kita siapkan,” terang Donny dalam acara tersebut. “Semoga masyarakat sadar akan energy ramah lingkungan dam mari semarakkan penggunaan kendaraan listrik yang aman, efisien dan murah,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam acara tersebut turut mengungkapkan bahwa kontribusi kendaraan listrik akan sangat signifikan menurunkan pencemaran udara. “Oleh karena itu kita sangat berharap  akan banyak tempat-tempat pengecasan kendaraan listrik yang dibangun oleh PLN nantinya,” tutur Bambang. “Sedangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk piranti kendaraan llistrik, BSN juga telah menyiapkan,” tambahnya.

Acara EBike Ride 2019 memiliki tujuan yang salah satunya ialah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik dan  peralatan Green Energy yang juga selaras untuk mendukung program nasional serta  Jawa Tengah sendiri tentang Green Energy. (ADV)


SHARE