Profil PT Pupuk Kaltim

Nama Perusahaan/Instansi
:PT Pupuk Kaltim
Alamat
:

Kantor Pusat dan Pusat Produksi

Jl. James Simandjuntak No. 1

Bontang 75313

Kalimantan Timur, Indonesia

Telepon
:+62 548 41202, 41203
Email
:corsec@pupukkaltim.com
Website
:
Bidang Perusahaan
: Produsen Pupuk
Deskripsi Perusahaan
:

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berdiri pada 7 Desember 1977 berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero). Saat ini Pupuk Kaltim mengoperasikan 5 pabrik Urea berkapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 pabrik Amoniak berkapasitas 2,7 juta ton per tahun dan 3 unit pabrik NPK berkapasitas 350 ribu ton per tahun. 

Pupuk Kaltim berkewajiban memenuhi kebutuhan pupuk domestik, baik untuk sektor tanaman pangan melalui distribusi pupuk bersubsidi, maupun untuk sektor perkebunan dan industri.  Wilayah pemasaran Pupuk Kaltim di sektor subsidi dalam negeri meliputi 2/3 wilayah Indonesia, yakni kawasan timur Indonesia hingga Papua dan sebagian besar Jawa Timur dan Kalimantan, kecuali Kalimantan Barat, sesuai surat penugasan wilayah tanggungjawab pengadaan dan penyalurah pupuk bersubsidi dari PT Pupuk Indonesia (Persero). Sedangkan produk nonsubsidi tersebar di seluruh Indonesia dan ekspor ke berbagai negara besar lainnya. Selain Urea dan NPK, Pupuk Kaltim juga memproduksi dan menjual Amoniak untuk kebutuhan industri di dalam dan luar negeri.

 

Pupuk Kaltim berkomitmen untuk selalu menerapkan SNI dalam setiap produktivitas Perusahaan. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa produk-produk utama dari Pupuk Kaltim seperti Amoniak, Urea dan NPK merupakan produk bermutu baik yang diproduksi oleh proses yang baik, aman, ramah lingkungan dan dikelola dengan sistem manajemen yang baik pula. Pupuk Kaltim meyakini bahwa dengan melakukan uji mutu melalui SNI, Pupuk Kaltim sebagai salah satu produsen pupuk di Indonesia telah melindungi konsumennya, memastikan pupuk yang sampai ke tangan konsumen telah terpenuhi kualitas mutunya berdasarkan standar yang telah ditetapkan.


Dengan konsistensi tersebut, Pupuk Kaltim berhasil menjadi perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meraih predikat Grand Platinum dalam ajang SNI Award 2018, setelah sebelumnya berhasil meraih dan mempertahankan predikat Platinum selama tiga tahun berturut, yaitu pada 2016, 2017 dan 2018.